• MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KARIMUN
  • Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah

Profil

1. SEJARAH SINGKAT

 

-     Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia serta pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pengajaran nasional yang diatur oleh Undang-Undang.

 -     Pembangunan Nasional dibidang pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang berkembang, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya.

 -     Untuk mewujudkan upaya tersebut diatas diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan sistem pendidikan nasional yang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perkembangan masyarakat, serta kebutuhan pembangunan.

 -     Dengan berlakunya Undang-undang Nomor. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan segala peraturan pemerintah sebagai pedoman pelaksanaannya, maka kurikulum diberbagai jenjang dan jenis pendidikan yang sekarang yang sedang berlaku perlu disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan.

 -     Selanjutnya pasal 4 Ayat ( 3 ) Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar menyatakan bahwa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Tingkat Pertama yang berciri khas Agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama, masing-masing disebut Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah.

 -     Dari kenyataan diatas kini lembaga pendidikan yang disebut Madrasah baik Negeri maupun Swasta telah mendapat perlindungan.

 

-     Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjungbatu kecamatan Kundur Kabupaten Karimun Propinsi Kepulauan Riau berdiri dengan melalui proses yang cukup panjang :

 Diawali dengan terbentuknya MTs Swasta Tanjungbatu Kundur yang merupakan perubahan dari PGA 4 Tahun swasta Tanjungbatu Kundur, setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Direktur Diretorat Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Nomor : D.III/EP/43/1978 Tanggal 18 Februari 1978.

  1. PGA 4 Tahun Swasta Tanjungbatu yang kemudian berubah menjadi MTs Swasta Tanjungbatu Kundur, merupakan penggabungan dari 2 ( Dua ) PGA 4 Tahun swasta, yaitu PGA 4 Tahun swasta Desa Alai Kecamatan Kundur yang berdiri pada Tahun 1957 dengan PGA 4 Tahun swasta Tanjungbatu Kota yang berdiri tahun 1965.
  2. Pengelolaan MTs Swasta Tanjungbatu Kundur pada tahun 1967, dilakukan oleh majelis Guru yang dipimpin oleh Kepala Madrasah dan dibina oleh Badan Pembina Sekolah-sekolah Swasta Tanjungbatu yang dipimpin / diketahui oleh Camat Kundur.
  3. MTs Swasta Tanjungbatu Kundur dengan Piagam Madrasah terdaftar Nomor : 06/E/III/1980 tanggal 5 September 1980 dari Kepala Kantor Departemen Agama Propinsi Riau tersebut, kemudian ditingkatkan menjadi status MTs Negeri Tanjungbatu Filial MTs Negeri Tanjungpinang dengan keputusan Dirjen pembinaan kelembagaan Agama Islam Departemen Agama Nomor : 08/E/1988 Tanggal 25 Maret 1988.
  4. Selanjutnya status MTs Negeri Tanjungbatu Filial MTs Negeri Tanjungpinang dikukuhkan menjadi MTs Negeri Tanjungbatu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama R.I. Nomor : KMA-244 Thun 1993 Tanggal 25 Oktober 1993.

 

Sejak ditetapkannya status Negeri penuh, MTsN Tanjungbatu Kundur merupakan satu-satunya MTs Negeri / SLTP Negeri Berciri Khas Agama Islam di Kabupaten Karimun dan sekaligus sebagai MTs Induk bagi Kelompok Kerja Madrasah ( KKM ) Tsanawiyah Se-Kabupaten Karimun dengan struktur KKM sebagai berikut :

 

Induk KKM Tsanawiyah       :  MTs Negeri Tanjungbatu Kundur

Anggota KKM Tsanawiyah :  1. MTs Yaspika Tanjungbalai Karimun

  1. MTs Ar – Raudhah Tanjungbalai Karimun
  2. MTs Islamiyah Parit Benut Karimun
  3. MTs Al-Hidayah Kecamatan Moro
  4. MTs Al-Muttaqin Sungai Ungar
  5. MTs At-Taufiq Tanjungberlian
  6. MTs Al-Hikmah Durai
  7. MTs Ummul Quro Kundur Barat
  8. MTs Babus Salam Tanjungbalai Karimun

 

 Tugas Induk KKM Tsanawiyah adalah :

     

  1. Membina dan memberikan bimbingan dalam melaksanakan program kurikulum, Administrasi dan program lainnya.
  2. Menyusun dan mencetak soal-soal semester/US ( Ujian Sekolah ) dan yang menyangkut program pembelajaran.
  3. Menyusun Program KKM Tsanawiyah beserta Anggota KKM dalam Rapat Tahunan / Berkala.

 

 2. LINGKUNGAN STRATEGIS

     

Lingkungan strategis adalah lingkungan yang menjadi sasaran strategis bagi tujuan pengembangan terapan pendidikan dan perluasan program pendidikan dan pelatihan dibidang pendidikan Agama Islam sesuai dengan Tujuan / Program Pendidikan Nasional lingkungan strategis yang akan menjadi sasarannya adalah :

  1. Lingkungan Internal
  2. Lingkungan Eksternal

 

3. LINGKUNGAN INTERNAL

     

Strategis lingkungan Internal adalah strategi program pendidikan yang diterapkan dilingkungan Madrasah. Komponen-komponen Madrasah yang menjadi sasaran adalah :

  1. Sumber Daya

      Untuk mendukung tujuan pembelajaran agar efektif dan efisien, Madrasah memerlukan sumber daya ini kemudian dijabarkan menjadi sub-sub komponen.

 

  1. Sarana dan Prasarana Pendidikan

      Sarana dan prasarana yang dimaksudkan adalah berupa perlengkapan dan peralatan pendidikan yang dimiliki serta dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar yang meliputi :

  1. Tanah dan gedung
  2. Ruang ( Kelas, perpustakaan, laboratorium, dll )
  3. Peralatan ( Olah Raga, Komputer dan peraga lainnya )

 

  1. Sumber Daya Manusia

      Sumber daya yang dimaksud adalah pendidik dan tenaga kependidikan dalam Madrasah baik secara langsung maupun tidak langsung yang berperan aktif untuk mencapai mutu Madrasah, khususnya kualitas kelulusan dalam hal ini meliputi :

  1. Kepala Madrasah
  2. Guru Madrasah
  3. Pegawai TU dan karyawan kependidikan lainnya
  4. Kegiatan kesiswaan, disamping kegiatan Intrakurikuler juga menerapkan program ekstrakulrekuler yang meliputi :

      - Kegiatan OSIS

      - Kepramukaan

      - Usaha Kesehatan Sekolah

      - Koperasi Sekolah

      - Seni dan Olah Raga

      - Palang Merah Remaja ( PMR )

 

  1. Disamping tersedianya tenaga kependidikan tersebut, juga para guru diharapkan melakukan berbagai upaya kreatif yang meliputi :
  2. Berupaya mengembangkan paradigma baru pendidikan agama
  3. Mengimplementasikan Garis-Garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP ) sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  4. Inovasi kurikulum metodologi secara paedagogis
  5. Senantiasa membekali diri dengan ilmu pengetahuan secara otodidak.
  6. Mengikuti pelatihan-pelatihan pengembangan sesuai dengan skilnya

Halaman Lainnya
E-learning

-

28/03/2020 16:31 WIB - Administrator
Kelulusan

Pengumuman Kelulusan Siswa TP. 2019/2020

27/05/2019 09:03 WIB - Administrator
Download

Download

11/05/2019 17:15 WIB - Administrator
Login

Login

11/05/2019 08:56 WIB - Administrator
Visi dan Misi

VISI DAN MISI MADRASAH   VISI : " Mewujudkan madrasah yang islami berakhlak mulia, riset, kompetitif, dan berprestasi".    MISI : Menanamkan dan menumbuh kembangkan nila

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator